Perkembangan Anak 4 Tahun Yang Baik Dan Sehat

Perkembangan Anak 4 Tahun Yang Baik Dan Sehat

Seorang ibu pasti selalu menginginkan yang terbaik untuk anak mereka. Baik dari segi nutrisi hingga beragam asupan harian yang diberikan untuk anaknya. Hal tersebut dilakukan untuk mendukung tumbuh kembang anaknya. Dengan perkembangan anak yang baik maka anak akan siap menjelajah dunianya dan menyongsong hari esok. Selain itu, perkembangan anak yang baik menandakan anak sehat.

Perkembangan anak kerap kali memiliki indikator. Hal tersebut bertujuan untuk menyadarkan dan mengedukasi orang tua mengenai perkembangan anak yang umumnya terjadi pada usianya. Sehingga apabila anak belum mencapai indikator tersebut, maka orang tua memiliki peran untuk mendorong anak agar tumbuh optimal. Hal tersebut dapat dilakukan baik dari pemenuhan nutrisi hingga beragam pendukung aktivitas anak lainnya.

Perkembangan anak 4 tahun merupakan masa terpenting dalam hidupnya. Pada kondisi tersebut anak akan melakukan berbagai hal yang bertujuan untuk mengenal lingkungannya lebih dekat. Pada perkembangan anak 4 tahun, pola pikir anak akan mulai terbentuk dan banyak mengikuti perilaku orang tuanya. Sehingga baik untuk mengarahkan dan memberikan contoh yang baik kepada anak. Selain itu, pemenuhan nutrisi yang baik juga dapat dilakukan untuk mendukung kesehatan dan kecerdasan anak pada perkembangan anak 4 tahun.

Perkembangan anak 4 tahun ditunjukkan dengan perubahan fisik pada anak diusia tersebut. Dimana anak akan tumbuh tinggi dan juga memiliki fisik yang tidak terlalu besar. Berat badan anak dari peralihan usia akan mengalami penambahan sekitar 2 kilogram. Sehingga ibu jangan khawatir melihat anak yang dirasa belum cukup berisi. Sebab, perkembangan anak 4 tahun ditandai dengan perkembangan tinggi badan yang bisa mencapai 8 cm pada usianya tersebut.

Perkembangan anak 4 tahun yang memiliki badan ramping dikarenakan anak mulai aktif bergerak. Berbagai kegiatan anak seperti bermain, melompat, berlari dan semacamnya akan menguras banyak energi. Sehingga asupan yang diberikan akan dijadikan energi untuk berpetualang dan beraktivitas. Pemberian nutrisi yang cukup dengan susu misalnya dapat dilakukan untuk mendukung tumbuh kembang dan juga kesiapan fisik mereka. Susu juga dapat menguatkan imunitas tubuh anak dan memberikan nutrisi lebih kepada perkembangan otak anak.

Perkembangan anak 4 tahun, ditandai sebagai masa eksplorasi. Anak akan dengan mudah mengerti mengenai angka, puzzle, membuat bentuk, hingga melakukan berbagai macam kegiatan individu sendiri. Usia anak yang memasuki 4 tahun akan mulai aktif berbicara dan mengajak orang sekitarnya berkomunikasi. Hal tersebut menandakan bahwa anak telah mengerti berbagai kata dan informasi yang didapatkannya dari lingkungannya.

Beragam ciri dan kondisi anak tersebut membuat orang tua harus aktif dan mendukung terhadap anak. Apabila anak tidak mengalami beberapa hal diatas, maka penting mengkonsultasikan dengan dokter anak.

Share